Ayam Kub Umur 2 Bulan Yang Perlu Disimak!

Share this :

Ayam KUB umur 2 bulan yang perlu disimak agar usaha ternak sesuai target. Sebelum mengenal ayam KUB berumur 2 bulan, maka perlu tahu asal usulnya. Ayam kampung favorit ini mulai disukai warga peternak rasio rumahan. Ada yang telah memelihara sampai beberapa puluh ribu ekor. Keuntungannya diberitakan cukup menarik. Dalam 3 tahun akhir usaha peternak ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB) nampaknya semakin disukai warga. Tidak cuma di kota sekitaran Jakarta, di sejumlah kota di Jawa Timur, Jawa tengah dan luar Jawa, usaha nilai kecil unggas ini semakin ramai. Skala usaha yang ditelateni bermacam sesuai sama kekuatan modal, dimulai dari beberapa ratus ekor sampai beberapa ribu ekor.

Ayam Kub Umur 2 Bulan
Ayam Kub Umur 2 Bulan

Ayam KUB adalah ayam kampung hasil penyeleksian genetik yang mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya dapat bertelur sampai 160-180 butir/ekor/tahun, periode mengeram menyusut hingga tinggal 10% agar ayam cepat bertelur lagi. Disamping itu, ayam ini dapat tumbuh bisa lebih cepat dari ayam kampung biasa.

Baca juga: Ayam KUB Kampung Unggul Balitbangtan Ternak Bikin Untung

Asal mula ayam KUB diawali dari program Balitnak pada 1997 dengan mendatangkan indukan ayam kampung dari banyak daerah. Diantara dari Jawa Barat seperti Cipanas, Cianjur, Jatiwangi, Pondok Rangon, Depok, Ciawi dan Jasinga. Sejumlah karakteristik dan keunggulan tipe ayam ini salah satunya warna bulu bermacam seperti ayam kampung umumnya, produksi telur /tahun dapat menggapai 160-180 butir/ekor serta lebih tahan pada penyakit.

Harga Ayam KUB Umur 2 Bulan

Trend pola hidup sehat dengan konsumsi telur dan daging ayam kampung menolong perubahan usaha ternak. Dengan kualitas dan kapabilitas bertelur atau perkembangannya yang lebih tinggi, membuat ayam KUB jadi bintang. Saat ini kebutuhan ayam kampung sangat luas, namun jumlah peternak juga semakin banyak. Percepatan ayam KUB membuat semakin banyak juga ketersediaan ayam kampung. Sehingga mempengaruhi harga yang fluktuatif diberbagai daerah.

Ada 2 tipe harga untuk ayam usia 2 bulan, yaitu sebagai konsumsi atau sebagai indukan untuk petelur. Jika dijual sebagai induk harga relatif lebih tinggi dibandingkan konsumsi. Harga konsumsi disesuaikan dengan berat badan ayam (kiloan), meskipun ada pembeli yang memilih untuk beli secara ekoran. Harga per kilo di pulau Jawa rata-rata diharga 35.000-40.000 per kilo bobot ayam, sedangkan luar jawa bisa lebih tinggi.

Berat Ayam KUB Umur 2 Bulan

Jika ayam diberi makan yang nutrisinya sesuai, dan perawatan yang baik maka pertumbuhannya akan maksimal. Masa yang paling menentukan adalah ketika masa DOC 0-1 bulan. Meski ayam KUB tergolong memiliki pertumbuhan yang bagus, namun perlu perawatan yang sesuai. Berikut tabel ayam KUB dari hitungan waktu:

Berat Ayam KUB Umur 2 Bulan
Berat Ayam KUB Umur 2 Bulan

Maka penting memperhatikan bobot ayam per minggunya agar target usaha ternak ayam KUB sesuai harapan. Perlu langkah inovasi untuk pakan agar tidak terlalu mahal dan bernutrisi baik bagi pertumbuhannya. Saatnya mencoba ternak ayam KUB agar kemandirian ekonomi keluarga terwujud.