Begini Cara Menanam Rumput Odot Yang Benar !

Share this :

Cara menanam rumput odot – Bibit Odot 0811 2878 202. Jika melihat tingkat konsumsi daging di Indonesia, masyarakat secara umum belumlah tercukupi secara merata. Ada sebagian yang kekurangan gizi dari daging, dan sebagian yang berlebihan dalam konsumsi daging. Indikator tumbh kembang manusia salah satunya adalah tercukupinya konsusmsi daging. Nilai nutrisi daging sangat bagus untuk pertumbuhan manusia, selain protein ada kandungan zat yang lainnnya yang bisa diperoleh dari daging yang cukup besar. Misalnya kandungan asam amino esensial, zat besi, zinc, vitamin B12, dan zat gizi penting lainnya.

Indonesia dengan banyaknya lahan hijau yang luas membuat peternakan semakin berkembang. Kebutuhan daging meskipun dinilai masih cukup namun nyatanya tidak tercukupi hingga membutuhkan produk daging dari luar (impor). Sistem peternakan tradisional masih banyak dilakukan oleh para peternak di indonesia sehingga perkembangannya tidak seimbang dengan kebutuhannya. Ternak yang tradisonal relatif lebih lambat dibandingkan peternak yang sudah memiliki inovvasi baik perangkat ternak dan pakan ternak.

cara menanam rumput odot

Hijauan pakan ternak yang tersedia masih hanya sekedar dari tumbuhan hijauan rumput seadanya, tidak memperhatikan inovasi jenis rumput. Sehingga rumput yang tersedia seadanya relatif kurang memiliki kadar nutrisi yang memadai atau cukup untuk kebutuhan ternak. Riset sangat diperlukan untuk mendapatkan jenis hijauan yang berkualitas. Salah satu jenis rumput yang digemari peternak yaitu rumput odot.

Baca juga: Berapa Protein Indigofera

Rumput odot itu jenis rumput gajah (Pennisetum purpureum), yang mampu bertumbuh dengan baik di lahan yang tingkat kesuburannya rendah, bahkan sedikit air. Kadar Protein kasar 14 %, Protein kasar batang 8.1 %, Protein kasar daun 14.35%, Kadar lemak kasar batang 0.91, Kadar lemak kasar daun 2.72%, Digestibility daun 72.68%. Keunggulan rumput odot selain nutrisinya juga tingkat produktivitasnya tinggi, sehingga mudah cepat panen.

Begini Cara Tanamnya

Agar rumput odot tumbuh dengan baik, maka harus memperhatikan hal-hal dalam penanamannya. Berikut langkah-langkah cara menanam rumput odot :

  1. Bersihkan dahulu lahan yang hendak ditanami odot dari rumput liar dan gulma yang mengganggu pertumbuhan batang stek.
  2. Gundukan tanah dibuat sekitar tinggi 20 cm, dengan luas 60 x80 cm.
  3. Bibit rumput odot panjangnya sekitar 15-20 cm, terdiri dari beberapa ruas, tanam sebagian 3-4 ruas tersebut kedalam tanah. Sisanya dalam diluar tanah dengan posisi miring.
  4. Jarak tanam 50-75 cm dalam satu barisan, sedangkan untuk jarak antar barisan sekitar 75-150 cm.

Selanjutnya lakukan pemupukan secara berkala dengan pupuk Urea dan NPK, atau bisa dengan pupuk kandang yang sudah matang setelah kurang lebih 7 hari tanam. Amati pertumbuhan dan lindungi dari gulma sekitar setelah ditanam.

Anda bisa melakukan pemesanan bibit odot kepada kami. Dengan kualitas yang bagus dan dijamin keasliannya. Bibit odot kami sediakan dalam bentuk fresh dari lahan sehingga tahan dalam perjalanan. Pengiriman bisa menggunakan armada yang termurah untuk memudahkan anda memperoleh bibit rumput odot.

Hubungi: AISHA AGRO – 0811 2878 202

Setelah tanam anda bisa melakukan panen perdanan sekitar 50-60 hari, selanjutnya bisa dipanen dalam rentang 40-50 hari.