Jual Biji Indigofera

Harga Biji Indigofera hubungi 0811 2878 202

Share this :

Harga Biji Indigofera hubungi 0811 2878 202 dengan berbagai ukuran yang terjangkau untuk pemula yang sedang belajar dan sesuai kebutuhan. Peternakan dengan baik kecil maupun besar membutuhkan pakan yang paling dominan. Sekitar 70% biaya yang muncul dari sebuah peternakan yaitu untuk pakan. Hewan ruminansia seperti Sapi, Kambing, dll sangat membutuhkan hijauan pakan untuk produktivitasnya. Hijauan pakan ternak dibutuhkan untuk mempertahankan usia produktifnya. Sektor peternakan dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang tidak signifikan sebagai penyumbang PDB negara. Kendala ini bisa dianalisa masalah yang muncul. Secara umum masalah yang muncul yaitu bibit dan pakan ternak.

Pakan ternak bagi petani atau peternak lokal khususnya ruminansia masih mengandalkan hijauan yang ada disekitar. Kualitas hijaun yang ada kurang mendapat perhatian khusus untuk mutu dan kualitas bagi ternak. Menyebabkan belum maksimalnya produksi hasil peternakan untuk kebutuhan hidup. Tidak seimbangnya produksi peternak lokal dalam menghasilkan daging atau hasil ternak lainnya menyebabkan impor menjadi fenomena yang terkadang merusak harga. Pertumbuhan penduduk juga terus meningkat, yang berdampak baik untuk penyediaan pangan jika peternak mampu memaksimalkan hasil ternaknya.

Hijauan pakan ternak yang saat ini menjadi riset dan bahkan telah menjadi sebuah program pemerintah yaitu Indigofera. Ada berbagai jenis indigofera yang tumbuh di indonesia, yaitu sekitar 64 spesies. Namun Indigofera jenis Zollingeriana yang sesuai untuk ditanam dikarenakan mudah produksinya dan berkualitas hasilnya. Hijauan pakan tidak hanya melihat pada mutu atau kulitas nutrisi yang terkandung didalamnya. Namun juga perlu memperhatikan tingkat produktifnya untuk menghasilkan hijauan kembali. Hijauan pakan setidaknya memiliki tingkat keberlanjutan yang tinggi agar tidak banyak biaya untuk mendapatkannya.

Indigofera Zollingeriana

Indigofera memiliki usia produktif selama kurang lebih 15 tahun. Dalam masa itu peternak dapat terus mengambil manfaatnya untuk pakan ternak. Sekali tanam, dengan perawatan yang baik maka rata-rata minimal 1 pohon dapat menghasilkan 1-2 kg daun segar untuk pakan ternak. Dengan kejelian peternak, bisa diperhitungkan berapa kebutuhan hijauan dalam waktu tertentu yang diseusaikan dengan jumlah ternak. Estimasi kebutuhan lahan dan jumlah hijaun bisa disimulasikan menurut kebutuhan peternak. Ditambah dengan kelebihan lain dari tanaman indigofera untuk kualitas tanah yang ditanami.

Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan Indigofera zollingeriana untuk tanah:

  • Penyuburan Tanah: Indigofera zollingeriana adalah tanaman legum yang memiliki kemampuan untuk memfiksasi nitrogen melalui simbiosis dengan bakteri Rhizobium yang hidup di akarnya. Proses ini menghasilkan penambahan nitrogen organik ke tanah, yang merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan tanaman. Peningkatan kandungan nitrogen dalam tanah dapat membantu meningkatkan kesuburan dan produktivitas lahan.
  • Peningkatan Struktur Tanah: Akar Indigofera zollingeriana yang kuat dan serabut dapat merambah dan memperbaiki struktur tanah. Mereka membantu meningkatkan agregasi tanah, memperbaiki drainase, dan mengurangi risiko erosi tanah. Dengan demikian, penanaman Indigofera zollingeriana dapat membantu meningkatkan kesuburan dan kualitas fisik tanah.
  • Penyimpanan Karbon: Tanaman legum seperti Indigofera zollingeriana memiliki kemampuan untuk menyerap karbon dioksida (CO2) dari atmosfer dan menyimpannya dalam bentuk bahan organik dalam tanah. Proses ini membantu dalam mitigasi perubahan iklim dengan mengurangi konsentrasi CO2 di udara dan meningkatkan kapasitas penyimpanan karbon di tanah.
  • Mencegah Erosi Tanah: Tanaman Indigofera zollingeriana yang rimbun dapat memberikan tutupan vegetasi yang baik dan mencegah erosi tanah akibat hujan atau angin kencang. Akar yang kuat membantu menjaga stabilitas tanah dan mengikat partikel tanah, mengurangi kemungkinan erosi dan pemerosotan.
  • Peningkatan Keanekaragaman Hayati: Menanam Indigofera zollingeriana dapat menyediakan habitat dan sumber makanan bagi serangga, burung, dan hewan lainnya. Dengan meningkatkan keanekaragaman hayati di sekitar lahan, tanah dapat menjadi lebih seimbang dan berkelanjutan.

Baca juga: Bibit Indigofera

Penelitian Tentang Indigofera

Beberapa penelitian menyebutkan bahawa Indigofera zollingeriana prospektif dalam penuhi keperluan hijauan pakan ruminansia. Indigofera zollingeriana mempunyai produksi yang lebih tinggi capai 33-51 ton BK/ha/tahun dengan jeda defoliasi 60 hari. Kandungan protein kasarnya sama dengan alfalfa sekitar 28-31%, NDF 49,73-53,20%, ADF 47,63-48,90, Ca 0,97-4,52%, P 0,19-0,33% koefisien cerna in vitro bahan organik sekitar 65,33-70,64%. Maka indigofera sangat layak untuk dijadikan sebagai salah satu komposisi ransum pakan ternak dari hijauan pakan.

Indigofera zollingeriana mempunyai kelebihan yang tidak dipunyai oleh konsentrat komersil yakni kandungan asam lemak tidak jemu khususnya omega 6 dan omega 3 dan kandungan β-karoten yang bisa dihandalkan sebagai salah satunya sumber prekusor vitamin A dalam mekanisme pencernaan. β-karotein sebagai salah satunya senyawa anti-oksidan alami yang berperan sebagai penangkal radikal bebas, hingga diharap pemberiaan suplemen pakan dari hijauan legum akan akan hasilkan daging kambing yang lebih tinggi akan Vitamin A dan hasilkan kualitas daging baik dan sehat.

Beli Bibit Indigofera

Selain memaham manfaat dari daun indigofera, peternak juga perlu memahami perawatan tanaman hijauan pakan ternak tersebut. Pemupukan untuk tanaman indigofera lebih mudah dengan bahan organik yang dihasikan dari kohe ternak itu sendiri. Namun tehnik untuk pemangkasan juga perlu diperhatikan agar tanaman dapat tumbuh dengan maksimal. Dengan perawatan tanaman yang baik, menyebabkan tingkat produktifitas menjadi lebih maksimal.

Sangat perlunya peternak memperhatikan tanaman indigofera ini agar kebutuhan pakan lebih efisien dan murah. Beberapa terjadi sumber konsentrat dari bahan limbah sawit sudah mulai tidak terjangkau dikarena potensi ekspor lebih luas. Tentunya dengan harga yang lebih baik dibandingkan hanya untuk dalam negeri. Dengan adanya indigofera akan mampu mensubstitusi sumber konsentrat dengan istilah lainnya sebagai Konsentrat Hijau dari bahan tepung daun indigofera. Perkembangan riset tentang indigofera masih terus berkembang agar manfaat tanaman dengan potensi tinggi ini lebih maksimal untuk ternak.

Indigofera Untuk Pakan Ternak

Dengan cara pemanfaatan inilah maka para peternak diharapkan bisa beradaptasi dengan riset dan penelitian yang dikembangkan berbagai universitas. Berikut adalah beberapa hewan ternak yang dapat diberikan Indigofera zollingeriana sebagai pakan:

  1. Ternak Ruminansia: Daun dan batang Indigofera zollingeriana dapat digunakan sebagai komponen pakan untuk ternak ruminansia, seperti sapi, domba, dan kambing. Tanaman ini memiliki kandungan nutrisi yang baik, termasuk protein, serat kasar, dan mineral. Namun, penting untuk dicatat bahwa kandungan nutrisi tanaman ini dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti varietas, kondisi pertumbuhan, dan metode pengolahan.
  2. Ayam: Indigofera zollingeriana juga dapat digunakan sebagai pakan untuk ayam. Daunnya dapat digunakan dalam ransum ayam sebagai sumber protein nabati. Namun, perlu dilakukan penyesuaian dengan porsi dan metode pengolahan yang tepat untuk memastikan pemanfaatan yang optimal dan menghindari efek negatif potensial.
  3. Kelinci: Indigofera zollingeriana juga dapat digunakan sebagai pakan untuk kelinci. Daunnya dapat menjadi sumber serat dan protein yang baik untuk kelinci.

Penting untuk memperhatikan cara pemberian pakan yang tepat, pemilihan bagian tanaman yang akan diberikan, dan jumlah pemberian yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi dan kondisi hewan ternak. Dengan kemudahan tanam dan budidayanya maka harga indigofera bisa lebih murah untuk didapatkan. Budidaya bisa dengan benih biji atau beli pohon langsung yang sudah tumbuh dengan tinggi yang layak untuk ditanam ke laham sekitar 40 cm.