Peluang ! Jual Harga Rumput Odot per Kg

Share this :

Harga Rumput Odot per Kg – Bibit Odot 0811 2878 202. Rumput odot lebih banyak dikenal dengan nama Pennisetum purpureum, meskipun sebagian orang menamainya dengan sebutan King Grass. Rumput odot ini telah menjadi pakan ternak yang favorit dan populer, utamanya untuk Kambing.

Beberapa keunggulan dari rumput odot adalah pertumbuhan yang cukup cepat. Sehingga produktivitas menjadi maksimal untuk sirkulasi kebutuhan pakan ternak. Selain itu, kandungan nutrisi rumput odot juga tinggi, protein hingga mencapai 12-14% cukup bagus untuk pertumbuhan ternak. Namun yang tidak kalah pentingnya adalah ketahanan rumput odot terhadap kondisi tanah yang cukup kuat. Dilingkungan yang kurang subur pun rumput odot mampu bertahan hidup. Dengan mengetahui manfaat dan pengolahan rumput odot, maka sangat penting untuk menjadikan sebagai pakan ternak kambing.

Rumput Odot Untuk Kambing

Berikut beberapa manfaat yang perlu diketahui untuk kambing:

  1. Nutrisi Tinggi
    Rumput odot memiliki nuterisi berupa Protein, serat, dan vitamin serta mineral yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan kambing. Pakan yang memenuhi kebutuhan nutrisi kambing akan membuat ternak menjadi lebih terjaga kesehatannya.
  2. Produktivitas Tinggi
    Pertumbuhan rumput odot yang cepat membuat tingkat produktivitas meningkat. Peternak rumput odot dengan sangat mudah memperoleh panen dalam waktu singkat, sehingga pakan untuk kambing melimpah. Sama halnya potensi bagi petani rumput yang memanfaatkan lahannya untuk tanam rumput odot, akan mudah memetik hasil panennya.
  3. Produksi yang Efektif
    Nutrisi yang dihasilkan dari rumput odot cukup untuk memenuhi kebutuhan kambing. Meskipun disarankan untuk menambah varian jenis hijauan lain sebagai pelengkap kebutuhan nutrisinya. Dengan produktivitas yang tinggi serta nutrisi yang sesuai membuat peternak lebih efektif dalam pemeliharaan kambing.
  4. Biaya Murah
    Pakan sebagai porsi terbesar dari biaya produksi ternak, hingga 70% biaya yang muncul adalah untuk pakan. Dengan menanam rumput odot, biaya pakan bisa ditekan karena pertumbuhan odot yang cepat dan memenuhi kebutuhan nutrisi ternak.

Pengolahan Rumput Odot Untuk Kambing

  1. Penanaman Rumput Odot
    Rumput odot ditanam dengan mengambil batang yang cukup tua, berupa stek batang. Bibit rumput odot yang bagus membuat hasilnya menjadi maksimal. Jarak tenam disesuaikan dengan estimasi 50-100 cm agar mampu bertumbuh dengan baik.
  2. Pemeliharaan
    Jaga kelembaban tanah agar tidak terlaulu basah dan terhindar dari kekeringan. Lakukan pemupukan dengan bahan organik agar rumput odot lebih maksimal dan tahan lama pertumbuhannya karena kualitas tanah terjaga.
  3. Panen
    Ciri rumput odot yang siap dipanen adalah ketinggian antara 1,5 hingga 2 meter. Cara pemanenan dengan memotong rumput sekitar 20 cm dari tanah, agar dapat membantu pertumbuhan daun baru.
  4. Pengolahan Pakan
    Rumput odot yang sudah dipanen sebenarnya bisa untuk pakan dalam bentuk segar, namun lebih baik jika diberikan dengan dikeringkan terlebih dahulu untuk mengurangi kadar air. Selain itu bisa dibuat cacahan agar mudah dibuat silase. Keunggulan silase membuat pakan dengan stok yang melimpah disimpan agar awet untuk kebutuhan berikutnya.
Harga Rumput Odot per Kg

Perhatikan Kesimbangan Pakan

Rumput odot memiliki banyak keunggulan, meskipun secara nutrisi yang terkandung cukup untuk pakan kambing. Namun ada baiknya pakan ternak dikombinasikan dengan hijauan jenis lain, baik indigofera atau pakchong, dll. Selain itu bisa juga dengan biji-bijian atau suplemen gizi lainnya.

Baca juga : Jual Bibit Indigofera

Rumput odot adalah jenis pakan cocok untuk pakan ternak kambing, selaian kandungan nutrisinya dan pertumbuhan yang cepat juga memudahkan peternak untuk mengolah pakan dengan efektif. Saat ini harga rumput odot per kg bervariasi tergantung wilayah dan musim.

Untuk kebutuhan bibit rumput odot dan olahannya bisa menghubungi.

AISHA AGRO 0811 2878 202

Kami menyediakan bibit rumput odot yang berkualitas dan terjamin keasliannya. Pengiriman melalui jaringan ekpedisi yang murah dan terjangkau.

Dengan menanam rumput odot akan membuat manajemen pakan lebih efektif dan ekonomis. Pengolahan tanaman rumput odot yang baik akan menjaga produktivitas rumput odot berkelanjutan. Nutrisi yang terkandung juga membuat ternak lebih terjaga kesehatannya dan produktif dalam perkembangannya.