Penting ! Ini Jarak Tanam Rumput Odot

Share this :

Jarak Tanam Rumput Odot – Bibit Odot 0811 2878 202. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa. Bahkan ungkapan ‘tongkat kayu dan batu jadi tanaman” menjadi karunia bagi penduduknya. Dengan keunggulan ini maka indonesia mampu menjadi pioner berkembangnya ilmu pengetahuan tentang pangan dan pakan. Di dunia peternakan yang menjadi suply utama kebutuhan protein hewani memerlukan inovasi bidang pakan. Tuntutan industri untuk menyiapkan pakan ternak yang murah dan berkualitas menjadi hal penting. Seiring perkembangan jaman yang semakin meningkatnya demografi penduduk yang meningkat tajam. Industri peternakan harus senantiasa menyediakan pakan ternak yang kontinue, murah dan berkualitas. Sumber pakan alternatif harus selalu menjadi riset utama agar kebutuhan tersebut terpenuhi.

Dalam dunia peternakan ada 3 hal yang penting untuk dijadikan perhatian agar hasil maksimal yaitu bibit, manajemen dan pakan. Pakan menjadi hal utama yang menjadikan perhatian, dalam beberapa perhitungan, pakan merupakan 70% dari total biaya-biaya produksi. Faktor pakan inilah yang menjadi perhatian utama agar mendapatkan pakan yang murah, kualitas dan kuantitas. Pakan yang berkualitas mampu menigkatkan llaju pertumbuhan hewan ternak dalam menghasilkan daging atau susu. Tidak hanya mampu tersedia, namun juga memenuhi aspek keberlanjutan, sehingga mudah didapat. Pakan hasil olahan pabrik memang sudah cukup tersedia, namun harga yang menjadi pertimbangan untuk dapat menekan biaya produksi tersebut. Hijauan pakan alternatif perlu memerlukan berbagai inovasi agar aspek kuantitas dan kualitas pakan mampu terpenuhi.

jarak tanam rumput odot

Hijauan Pakan Ternak

Pakan berupa hijauan membutuhkan beberapa riset agar tepat sesuai kebutuhan ternak. Hijauan pakan ternak yang baik secara kualitas dan kuantitas, juga mudah untuk didapatkan. Rumput odot sangat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan peternak sebagai hijauan pakan. Rumput odot sanagt layak untuk dikembangkan karena mampu memenuhi kebutuhan baik secara kualitas, kuantitas dan kontinue.

Baca juga : Rumput Pakchong Pakan Kambing

Perkembangan rumput odot diawali oleh tenaga kerja Indonesia yang bekerja di Kanada. Pada tahun 2007 sebagai awal mula rumput odot ditanam di Indonesia. Asal mula rumput odot merupakan hasil penelitian Dr.W. Hanna di Georgia, USA yang dilanjutkan oleh koleganya Dr. Mott dan koleganya di Florida. Diluar negeri, nama umumnya serig disebut sebagai Dwarf Elephant Grass atau Mott Elephant Grass. Varietas rumput odot termasuk jenis rumput gajah (Pennisetum purpureum). Keunggulan tanaman rumput odot adalah kemampuannya yang dapat tumbuh pada musim kemarau. Bahkan dengan kondisi tanah yang kurang subur pun rumput odot masih mampu bertumbuh.

Keunggulan Rumput Odot

Dimusim penghujan, rumput odot mampu produksi dengan maksimal. Salah satu yang digemari dari hewan ternak kambing dan domba antara lain karena kelunakan batang rumput odot. Musim penghujan membuat batang dari rumput odot terasa lebih lunak. Selain disukai ternak, kandung protein odot juga sesuai dengan kebutuhan ternak. Nilai protein mampu mencapai 14%, bahkan dengan perawatan yang baik mampu mencapai 17%. Tidak kalah pentingnya, tingkat kecernaan rumput odot juga dinilai tinggi, yaitu hingga 65-70%. Produktivitas rumput odot pada musim penghujan pun meningkat. Pada setiap 2x masa panen dengan interval pemotongan 30-40 pada rumput odot mampu menghasilkan 20 anakan.

Rumput odot dapat diperbanyak dengan cara memotong batang yang memiliki kualitas baik. Pemotongan sebaiknya dengan alat yang tajam agar memiliki hasil yang mudah pertumbuhannya. Batang stek yang dipotong setidaknya memiliki panjang sekitar 20-30 cm. Kualitas bibit rumput odot menentukan hasil yang baik dan produktivitas yang tinggi.

Pastikan mendapatkan bibit odot yang berkualitas dan asli agar ketersediaan hijauan pakan ternak sesuai yang diharapkan. Anda dapat menghubungi kami,

AISHA AGRO – 0811 2878 202

Untuk mendapatkan bibit odot yang berkualitas dan terjamin keasliannya. Pengiriman dapat melalui kurir terbaik dengan baiya yang murah.

Cara menananam rumput odot dapat dilakukan dengan berbagai pola tanam. Dengan pola monokultur, dalam 1 area tanam hanya ditanami rumput odot semuanya. Atau bisa dilakukan penanaman rumput odot disela-sela tanaman lainnya, khususnya tanamanya hijauan pakan ternak, baik jenis indigofera atau hijauan lain. Jarak tanam rumput odot adalah 50-75 cm antar barisan, dapat ditanam 2-3 stek batang pada setiap bedengan.

Panen perdana rumput odot adalah 70-80 hari dan selanjutnya dapat dipanen pada 40-50 hari. Ciri pohon yang siap panen adalah daun yang sudah mulai menua dan ruas batang yang mencapai ukuran 15 cm.