Jual Bibit Rumput Pakchong Jogja

Jual Bibit Rumput Pakchong Jogja Yang Murah

Share this :

Jual bibit rumput pakchong jogja hubungi 0811 2878 202 kami lakukan pengiriman dari Purwokerto. Kebutuhan pakan untuk ternak ruminansia semakin terbatas. Pakan berpengaruh hingga 70% dari biaya pemeliharaan ternak. Hijauan pakan ternak untuk hewan ruminansia semakin terbatas dikarenakan semakin padatnya pemukiman. Selama ini pola beternak sebagian masyarakat masih mengandalkan cara tradisonal. Inovasi hijauan pakan ternak kurang begitu diperhatikan kualitasnya. Hanya mengandalakan sumber hijauan seadanya di alam.

Secara garis besar, sumber hijauan pakan ternak terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  1. Leguminosa
  2. Rumput
  3. Limbah pertanian

Masing-masing jenis juga banyak macamnya, misal legum sendiri ada berbagai macam, rumput juga begitu. Namun secara prinsip, jenis tersebut memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Sehingga ada baiknya peternak mampu mengkombinasikan antar jenis tersebut.

Jenis-jenis Rumput Pakan Ternak

Jual Bibit Rumput Pakchong Jogja

Jenis rumput saat ini sudah banyak dilakukan penelitian untuk dapat mengetahui sejauh kandungan nutrisi didalamnya. Dengan mengetahui kandungan nutrisi tersebut, peternak lebih dapat memprioritaskan hijauan pakan ternak yang hendak ditanam atau diproduksi untuk persiapan pakan. Rumput salah satu hijauan yang dominan untuk pakan ternak. Selain secara alami mudah tumbuh, juga kapasitas produksinya juga cukup banyak.

Jenis-jenis rumput juga semakin bervariatif, khususnya untuk akan ternak ada beberapa yang ada di Indonesia. Antara lain Rumput Raja/King Grass, Rumput Odot, Rumput Gajah, Rumput BD (Brachiaria Decumbens), dll. Rumput jenis tersebut secara umum dijadikan sebagai pakan ternak ruminansia. Baik sapi atau kambing mudah menyukai hijauan pakan ternak jenis rumput. Karena karakteristiknya sebagai hewan gembala.

Baru-baru ini muncul jenis rumput baru yaitu rumput Pakchong. Rumput pakchong banyak digemari para peternak karena lebih unggul dibandingkan rumput lain yang ada. Selain produktifitasnya juga kandungan nutrisinya khususnya protein lebih tinggi dari yang lain.

Sejarah Rumput Pakchong

Hasil dari rumput gajah (Pennisetum Purpureum Schumach) dengan Pearl Millet (Pennisetum Glaucum) adalah rumput pakchong. Rumput pakchong adalah jenis rumput yang ditemukan oleh Prof Dr. Krailas Kiyothong di Thailand. Rumput pakchong pada awal penelitiannya dilakukan didaerah Pakcong , Thailand sehingga nama ini lebih dikenal sebagai nama rumput tersebut.

Bagi para ahli, rumput pakchong biasanya dikategorikan sebagai rumput Hibrida interspecific. Karena rumput pakchong memiliki keunggulan mampu menghasilkan lebih banyak anakan, juga daun, dan mampu tumbuh lebih cepat. Disamping itu, rumput pakchong juga mengandung biomassa yang lebih tinggi dibandingkan yang lainnya.

Keunggulan Rumput Pakchong

  • Rumput pakchong mengandung nutrisi dengan kadar protein hingga 16,5 %, lebih tinggi dibandingkan dengan rumput jenis lainnya.
  • Rumput pakchong dengan produktifitasnya mampu menghasilkan 1500 ton/ha/ tahun. Produktifitas ini bergantung pada pola penanaman dan kondisinya tanah dilingkungan tanam.
  • Rumput pakchong termasuk palatable karena tergolong jenis rumput yang disukai ternak.
  • Usia tanam rumput pakchong mampu bertahan hingga 9 tahun, dengan jeda panen 40-50 hari.
  • Secara fisik, rumput pakchong dapat tumbuh hingga ketinggian 5 meter dengan daun yang berbulu lembut sehingga tidak menimbulkan efek gatal ketika dipanen.

Baca juga: Rumput Pakchong vs Odot

Peternak banyak mengkombinasikan jenis hijauan pakan ternak rumput dari berbagai macam. Khususnya pakchong banyak menjadi pilihan peternak untuk pakan ternak kambing, sapi, dll. Keunggulan pakchong yang lebih dari rumput lain. Sayangnya ketersediaan jenis rumput pakchong masih terbatas, sehingga bibit rumput pakchong masih cukup sulit didapatkan.

Kami menyediakan bibit rumput pakchong. Hubungi kami dengan nomor 0811 2878 202.

Tersedia dalam bentuk stek batang yang kami kirimkan dari Purwokerto, Jawa Tengah. Bibit rumput yang kami sediakan sudah pilihan agar ketika tanam mudah tumbuh dengan baik dan produktifitasnya.

Penanaman bibit pakchong dengan cara yang sederhana dan mudah. Buat gundukan untuk mengatasi irigasi air agar tidak berlebihan. Lalu tancapkan bibit rumput pakchong kedalam media tanam dengan jarak 50 cm. Bibit stek rumput pakchong ditanam dengan posisi miring atau sebagian kalangan menanam dengan posisi berbaring agar muncul banyak akar.