Jual bibit rumput pakchong Kediri berkualitas

Jual Bibit Rumput Pakchong Kediri Berkualitas

Share this :

Jual bibit rumput pakchong Kediri berkualitas hubungi 0811 2878 202 kami kirim dari Purwokerto Jawa Tengah. Pakan ternak mempengaruhi 70% biaya pemeliharaan ternak. Pakan dengan biaya yang murah akan menyebabkan harga pokok menjadi murah. Hijauan pakan ternak merupakan bahan pakan yang berasal dari berbagai jenis tumbuhan hijau, seperti rumput, legum, atau dedaunan lainnya, yang diberikan kepada hewan ternak sebagai sumber nutrisi. Hijauan pakan ternak sangat penting karena memiliki beberapa manfaat utama.

Hijauan pakan ternak mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, karbohidrat, lemak, serat, vitamin, dan mineral. Kombinasi nutrisi ini mendukung pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak secara optimal. Selain itu, sebagai sumber serat alami. Serat merupakan komponen penting dalam pakan ternak karena membantu proses pencernaan. Hewan herbivora seperti sapi, kambing, dan domba memerlukan serat untuk membantu proses fermentasi dalam sistem pencernaan mereka.

Hijauan pakan yang baik dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi hewan ternak. Hewan yang diberikan pakan yang kaya nutrisi cenderung memiliki pertambahan berat badan yang lebih baik dan menghasilkan produk seperti susu atau telur dengan kualitas yang lebih tinggi. Asupan hijauan pakan yang mencukupi juga berkontribusi pada kesehatan hewan ternak. Nutrisi yang cukup membantu sistem kekebalan tubuh mereka, sehingga mereka lebih tahan terhadap penyakit.

Hijauan pakan merupakan sumber pakan yang relatif murah dan lebih mudah diakses daripada beberapa sumber pakan lainnya, seperti pakan konsentrat atau pakan berbasis biji-bijian. Hijauan pakan dapat ditanam kembali setelah dipanen, menjadikannya sumber pakan yang berkelanjutan untuk hewan ternak dan membantu mengurangi tekanan terhadap lingkungan.

Dengan mempertimbangkan manfaat-manfaat ini, penting bagi peternak dan petani untuk menyediakan hijauan pakan yang cukup dan berkualitas bagi hewan ternak mereka agar mereka tetap sehat, produktif, dan berkontribusi pada produksi pangan yang berkelanjutan.

Rumput Pakchong

jual bibit rumput pakchong kediri

Salah satu jenis rumput yang direkomendasikan untuk pakan ternak ruminansia adalah rumput pakchong. Rumput Pakchong ialah dari hasil persilangan Rumput Pennisetum Purpureum ( Rumput Gajah ) dan Pennisetum Glaucum. Penemunya ialah seorang Profesor Krailas Kiyotong yang mempelajari di wilayah Pak cong, Thailand. Rumput pakchong itu memang mempunyai beberapa kelebihan, khususnya tingkat produktifitasnya yang dapat capai 1500 ton per ha /tahun.

Produktifitas yang lebih tinggi membuat tersedianya pakan hijauan lebih terjaga mempermudah peternak untuk menransum pakan. Jadikan rumput pakchong untuk kambing lebih dulu harus dikerjakan pencacahan/cooper supaya lebih lunak. Karena pakchong mempunyai tangkai yang keras, tidak sama dengan rumput odot. Kambing benar-benar menggemari pakan tipe rumput pakchong.

Disamping nilai nutrisi dan produktifitasnya yang mempunyai keunggulan, rumput pakchong memiliki kelebihan yang lain. Ketahanan rumput pakchong sanggup sampai 9 tahun, hingga peternak dapat memaksimalakan tempat hijauan lebih optimal. Pemotongan atau panen periodik tiap 40-50 hari. Tiap saat panen, rumput bisa dipanen teratur, tentu saja perlu dilaksanakan pemupukan yang seimbang, supaya sumput pakchong berkembang dengan maksimal. Beberapa ciri fisik yang lain yang tidak kalah utamanya yakni, daun rumput pakchong tak berbulu kasar. Dibanding dengan rumput gajah, pakchong lebih gampang untuk dipanen karena tidak merasa kan gatal dikulit peternak. Ketahanan daya air lumayan bagus untuk beberapa musim kemaru, di mana tersedianya air benar-benar terbatas.

Langkah Menanam Rumput Pakchong

Ada banyak hal yang harus dipahami untuk mengawali menanam rumput pakchong, diantaranya:

  1. Pemilihan bibit
    Bibit dipilih yang berkualitas, dengan panjang sekitaran 20 cm atau mempunyai batas tunas sekitaran 2-3 batas. Bibit yang bagus dan berkualitas akan tentukan hasil panen yang maksimal di masa mendatang.
  2. Penyiapan tempat dan Penanaman
    Saat sebelum ditanamkan, pastikan tempat yang hendak ditanamkan mempunyai hara yang cukup dan nilai nutrisi yang ideal. Bila hal itu dirasakan kurang, karena itu dapat ditambah pupuk berupa pupuk sintetis atau kandang. Sebaiknya dalam perawatan pupuk diberi pupuk kandang atau organik, supaya lebih optimal mengontrol kandungan hara tanah periode panjang. Lantas dapat dibikin bedengan untuk mengatur saluran air bila lokasi berlebihan kandungan airnya.
  3. Penanaman bibit rumput pakchong dilaksanakan sistem miring, sekitaran 30 derajat. Dalam jarak antara bibit 30-50 cm. Lihat tingkat kandungan air di sekitar bibit yang ditanamkan, supaya tidak mengalami kekeringan di masa awalnya tanam. Periode awal tanam cukup tentukan bibit rumput pakchong untuk berkembang masa datang.
  4. Perawatan tanaman
    Rumput pakchong adalah tipe rumput yang cukup tahan pada hama dan keterikatan gizi tanah. Tetapi sebaiknya, supaya menjaga tanaman tersebut dengan memberi pupuk yang organik tiap saat sesudah dipanen. Pupuk itu untuk jaga nilai nutrisi tanah sesudah banyak diserap bibit dimasa-masa sebelumnya. Disamping itu, pupuk organik lebih sanggup jaga kandungan gizi tanah periode panjang agar saat produktifitasnya lebih optimal.

Baca juga : Rumput Pakchong Untuk Kambing

Sayangnya, jumlah bibit rumput pakchong masih sangat terbatas. Untuk mendapatkan bibit rumput pakchong bisa hubungi kami.