Kandungan Rumput Odot, Baguskah ?

Share this :

Kandungan Rumput Odot- Bibit Odot 0811 2878 202. Dalam menghadapi persaingan ketat di industri peternakan, pemilihan rumput pakan ternak adalah keputusan yang strategis. Rumput odot tidak hanya memenuhi standar sebagai rumput pakan ternak terbaik, tetapi juga memberikan manfaat tambahan seperti peningkatan kesehatan dan produktivitas ternak. Dengan begitu, tidak mengherankan jika rumput pakan ternak kambing, terutama rumput odot, semakin menjadi pilihan favorit para peternak yang menginginkan yang terbaik untuk hewan ternak mereka.

Rumput odot (Pennisetum purpureum cv. Mott), juga dikenal sebagai rumput pakan ternak, telah menjadi perbincangan hangat di kalangan peternak kambing. Tanaman hijau ini tidak hanya menambah keindahan lahan peternakan, tetapi juga menjadi pilihan utama sebagai rumput pakan ternak kambing. Dengan kandungan nutrisi yang luar biasa, rumput odot telah diakui sebagai salah satu rumput pakan ternak terbaik yang dapat meningkatkan kesehatan dan produktivitas ternak.

Rumput pakan ternak adalah bagian integral dari pola makan kambing yang sehat. Selain memberikan asupan protein, rumput odot juga kaya akan serat, yang mendukung sistem pencernaan kambing. Serat membantu menjaga kesehatan lambung dan usus, mencegah gangguan pencernaan, dan memastikan penyerapan nutrisi yang optimal. Oleh karena itu, rumput pakan ternak adalah pilihan yang bijaksana untuk menjaga kesehatan pencernaan kambing.

Nutrisi Rumput Odot

Beberapa penelitian menyebutkan nutrisi yang terkandung dalam rumput Odot antara lain BK : 13,55 %, protein kasar 14,35 %, lemak kasar 2,72 %, serat kasar 28,1 %, abu 14,45 % dan TDN 63,98 %. Kandungan protein kasar rumput Odot (14,35 %). Kandungan ini lebih tinggi dibandingkanrumput gajah ( 9,43 %). Selain nutrisi juga tingkat produktivitas rumput odot lebih tinggi. Produktivitas dan kualitas rumput odot dipengaruhi oleh usia pemotongan dan kondisi iklim dari saat penanaman hingga panen.

kandungan rumput odot

Temuan penelitian juga mengindikasikan bahwa pertumbuhan rumput odot cukup tinggi ketika ditanam di area tanah terbuka. Rumput ini memiliki umur panjang dengan struktur tubuh vertikal yang membentuk rumpun, memiliki daun yang lebat, dan dapat mencapai tinggi 2-2,5 meter. Rata-rata produksi segar mencapai 250 ton per hektar per tahun. Jika dibandingkan dengan rumput gajah biasa yang hanya menghasilkan sekitar 29,5 kg per hektar per tahun untuk lahan 1 meter persegi, rumput odot mampu mencapai sekitar 36 kg per tahun. Kelebihan rumput odot adalah batang yang lunak sehingga semua bagian bisa dimakan oleh ternak, baik kambing, sapi dll.

Baca juga: Cara Menanam Rumput Odot

Jika membutuhkan bibit rumput odot anda bisa menghubungi:

AISHA AGRO – 0811 2878 202

Kualitas bibit yang terjamin keasliannya dan berkualitas. Pengiriman luar kota bisa melalui kurir cargo untuk mendapatkan biaya yang murah.

Nama Latin Odot

Adapun klasifikasi atau nama latin rumput odot (Pennisetum purpureum cv.Mott) adalah sebagai berikut :
Kingdom : Plantae
Super Divisi : Spermathopyta
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Sub Kelas : Commenlinidae
Ordo : Poales
Famili : Poaceae
Genus : Pennisetum
Spesies : Pennisetum purpureum cv.Mott

Rumput odot memiliki potensi sebagai simpanan pakan atau sumber pakan alternatif. Dengan mengeringkannya, rumput odot dapat disimpan untuk jangka waktu yang lama, menjadi solusi krusial saat produksi pakan alami terkendala oleh kondisi cuaca atau lingkungan. Sebagai cadangan pakan, rumput odot dapat diandalkan saat produksi pakan alami tidak mencukupi.

Tanaman ini termasuk dalam kategori hijauan pakan ternak yang bermutu tinggi dan diminati oleh ternak. Rumput ini mampu tumbuh di berbagai lokasi, memiliki ketahanan terhadap berbagai kondisi perlindungan, merespons positif terhadap pemupukan, dan membutuhkan tingkat kesuburan tanah yang tinggi.