Nama Latin Rumput Odot dan Jenis Hijauan Pakan Ternak

Share this :

Nama Latin Rumput Odot – Bibit Odot 0811 2878 202. Hijauan merupakan istilah yang merujuk pada tanaman atau vegetasi yang memiliki warna hijau, dan sering kali digunakan sebagai pakan ternak. Ketika kita berbicara tentang hijauan pakan ternak, kita fokus pada tanaman-tanaman ini sebagai sumber utama nutrisi bagi hewan ternak. Hijauan mencakup beragam jenis tanaman, termasuk rumput dan leguminosa, yang memberikan kontribusi penting terhadap kesehatan dan pertumbuhan ternak.

Rumput, sebagai contoh, sering dianggap sebagai hijauan yang umum digunakan dalam pakan ternak. Kelebihan utama rumput adalah kemampuannya untuk menyediakan serat pangan yang penting dalam sistem pencernaan ternak. Serat ini tidak hanya mendukung fungsi pencernaan yang optimal tetapi juga membantu mencegah masalah kesehatan, seperti kolik pada kuda.

Leguminosa, yang juga termasuk dalam kategori hijauan, merupakan tanaman yang kaya protein. Pemberian leguminosa dalam pakan ternak dapat meningkatkan asupan protein hewan, yang esensial untuk pertumbuhan, reproduksi, dan kesehatan umumnya. Ini menjadi bagian penting dari strategi pakan yang seimbang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ternak.

Penting untuk memahami bahwa hijauan tidak hanya memberikan nutrisi esensial, tetapi juga dapat berperan dalam manajemen lahan dan keberlanjutan pertanian. Pertanian berbasis hijauan dapat membantu menjaga kesuburan tanah, mengurangi erosi, dan menyediakan pakan secara berkelanjutan.

nama latin rumput odot

Dalam konteks pertanian modern, pengelolaan hijauan pakan ternak melibatkan pemilihan varietas tanaman yang sesuai, teknik penanaman yang efisien, dan pemeliharaan yang baik. Keseluruhan, hijauan bukan hanya menyediakan pakan bagi ternak, tetapi juga menjadi komponen penting dalam sistem pertanian yang berkelanjutan dan memberikan dampak positif secara ekonomi dan lingkungan.

Jenis-jenis rumput hijauan pakan ternak antara lain:

  • Rumput gajah (Pennisetum purpureum)

Rumput gajah memiliki beberapa fungsi antara lain untuk pengawetan dah dan air, juga memiliki kemampuan mencegah erosi. Rumput gajah sangat bermanfaat sebagai hijauan pakan ternak. Salah satu jenis rumput gajah yang banyak diminati peternak adalah rumput odot. Nama latin rumput odot ini sering disebut sebagai Dwarf Elephant Grass atau Mott Elephant Grass. Selain nutrisinya juga mampu bertahan dicuaca kemarau dan kesuburan tanah yang rendah. Selain itu nutrisi rumput odot juga tergolong tinggi dengan 14-17 % protein.

Baca Juga : Kandungan Nutrisi Trichantera Gigantea

  • Rumput benggala (Panicum maximum)

Rumput benggala merupakan jenis rumput yang memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai angonan dan rumput potong. Biasanya rumput jenis ini tidak diliarkan, namun dirawat secara khusus dan dikembangbiakan untuk pakan ternak. Rumput ini bukan asli Indonesia, namun berasal dari Afrika. Saat ini telah banyak menyebar diseluruh indonesia karena kandungan gizi nya yang sangat baik. Kandungan nutrisi dengan Bahan Kering 23,6%, Abu 12,47%, Protein Kasar 10,9%, Lemak Kasar 2,43%, Serat Kasar 32,9%, TDN 53,6%, Kalsium 0,62% dan Pospor 0,27%.

  • Rumput raja/Kinggras (Pennisetum purpuphoides)

Jenis rumput ini adalah hasil persilangan dari rumput gajah (Pennisetum purpereum) dengan pennisetum typhoides. Keunggulan rumput raja adalah produktivitas yang tinggi dibandingkan rumput gajah, hingga mencapai 2 kali lipat produksinya dari rumput gajah. Kandungan nutrisinya yaitu kandungan BK 12,18%; PK 11,68; SK 32,49; LK; 1,70; ABU 18,15 dan TDN; 66,04.