Rumput Odot Adalah Salah Satu Jenis Rumput Gajah, Tapi ?

Share this :

Rumput Odot Adalah – Bibit Odot 0811 2878 202. Awalnya, Rumput Odot dikembangkan di Florida, Amerika Serikat, dengan nama ilmiah (Pennisetum purpureum cv. Mott), tetapi di Indonesia dikenal sebagai rumput odot. Rumput odot memiliki beberapa keunggulan, seperti batangnya yang relatif pendek, pertumbuhannya yang cukup cepat, lebih disukai oleh ternak, daunnya lembut dan tidak berbuku, mampu beradaptasi dengan berbagai jenis lahan, mampu tumbuh sekitar 50-80 batang dalam satu rumpun, dan yang tidak kalah pentingnya, tidak memerlukan perawatan khusus. Selain itu, kandungan nutrisinya juga lebih tinggi dibandingkan dengan rumput gajah lainnya.

Rumput odot adalah salah satu jenis hijauan pakan yang unggul dengan produksi dan kualitas yang tinggi. Rumput ini menghasilkan rumpun anakan yang melimpah dan akar yang kuat, batangnya tidak keras, serta struktur daun yang mudah dicerna oleh ternak.

rumput odot adalah

Dengan umur panjang, tubuh vertikal membentuk rumpun, dan tinggi mencapai 2-2,5 m, rumput odot memiliki produksi segar rata-rata sebesar 250 ton per hektar per tahun. Cocok digunakan untuk pembuatan silase dan sebagai rumput potongan atau untuk penggembalaan, namun perlu memperhatikan agar pertumbuhannya tidak terlalu tinggi atau besar.

Rumput odot dapat dijadikan bahan pembuatan silase dan rumput potongan, baik untuk penggembalaan maupun sebagai pakan ternak. Penting untuk memperhatikan interval defoliasi agar rumput tidak lignifikasi saat masih muda atau tua, sehingga kualitas gizi maksimal.

Varian rumput odot atau rumput gajah dwarf menjadi pilihan unggul karena tingginya yang moderat, yakni rata-rata 125 cm, memiliki rumpun anakannya sekitar 150 per m2, dan tingkat persentase daun rata-rata mencapai 70% pada sistem penggembalaan bergilir (system rotational grazing). Penggembalaan bergilir adalah praktik di mana ternak dibatasi oleh pagar dan dipindahkan dari satu petak ke petak lain secara bergantian, memberikan waktu istirahat untuk petak yang tidak digembalakan hingga rumputnya tumbuh kembali dan siap untuk digembalakan lagi.

Ciri Karakter Rumput Odot

  1. Tingi tanaman rata-rata 125 cm.
  2. Jumlah anakan rata-rata 150 per m2.
  3. Tingkat persentase daun rata-rata 70%.
  4. Palatabilitas yang tinggi

Kandungan Nutrisi Rumput Gajah Odot (Wildan 2015)

  • Kadar lemak daun 2,72
  • Kadar lemak batang 0,19
  • Protein kasar daun 14,35
  • Protein kasar batang 8,10
  • Digestibility daun 72,68
  • Digestibility batang 62,56
  • Protein kasar 14

Berdasarkan komposisi bahan keringnya, rumput odot memiliki kandungan selulosa sebesar 33,72%, hemiselulosa 18,80%, lignin 3,72%, serta protein kasar 12,26%. Kandungan bahan kering dengan umur pemotongan 30 hari dan dipotong pada kedalaman 0 dan 5 cm di atas permukaan tanah adalah 15,59% dan 15,47%.

Studi menunjukkan bahwa produktivitas dan kualitas rumput odot dipengaruhi oleh umur pemotongan dan kondisi iklim dari penanaman hingga panen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumput odot tumbuh dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi di daerah terbuka penambangan batu kapur dengan penambahan pupuk kompos kambing dan penanaman leguminosa seperti kacang tanah (Arachis hypogaea L).

Baca juga: Kandungan Rumput Odot

Cara Pesan Rumput Odot dapat menghubungi

AISHA AGRO – 0811 2878 202

Bibit berkualitas dan terjamin keasliannya. Agar pengiriman lebih murah, silahkan hubungi atau berkonsultasi dengan nomer tersebut untuk dibantu kurir yang terpercaya dan murah.

Rumput Gajah Odot dibiakkan menggunakan potongan batang (stek) atau bagian rumpun yang dipisahkan (polls) sebagai bibit. Bibit dari stek diambil dari batang yang sehat dan tua, dengan panjang sekitar 20-25 cm (2-3 ruas atau minimal 2 buku atau mata).

Proses penanaman Rumput Gajah dilakukan di lingkungan beriklim panas dan lembab, namun juga memiliki toleransi terhadap suhu tinggi pada musim panas. Kemampuannya untuk tumbuh dan beradaptasi dengan berbagai jenis tanah sangat baik, meskipun hasilnya dapat bervariasi. Namun, rumput ini tidak dapat bertahan hidup di daerah yang memiliki curah hujan tinggi. Secara alami, rumput ini biasanya ditemui terutama di sepanjang tepi hutan.