Penjelasan Rumput Odot Liar, Agar Tidak Keliru

Share this :

Rumput Odot Liar – Bibit Odot 0811 2878 202. Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang hijauan pakan ternak berupa rumput odot, maka perlu tahu sedikit sejarah tentangnya. Rumput odot itu salah satu jenis rumput gajah yang berasal dari Amerika. Dengan nama latinnya pennisetum purpureum cv.Mott, yang mirip dengan rumput gajah seperti yang banyak tertanam liar dipinggir jalan atau tegalan sawah. Bedanya, rumput odot ukurannya pendek dibandingkan rumput gajah, dan memiliki batang tidak berbulu seperti rumput liar tersebut.

rumput odot liar

Ini Ciri Rumput Odot

Beberapa ciri-ciri lain dari rumput odot yaitu kelunakan daun dan batang daunnya. Sehingga beberapa hewan ternak lebih menyukai rumput odot dibandingkan rumput gajah. Hewan yang sangat menyukai rumput odot antara lain : sapi, kambing, kerbau, domba, kelinci dan lain sebagainya. Ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara rumput odot dengan jenis rumput yang liar atau jenis rumput gajah umumnya.

  1. Waktu tumbuh rumput odot lebih cepat, yang membuat peternak lebih memilih rumput jenis ini karena semakin cepat dipanen untuk pakan ternak.
  2. Rumput odot adalah jenis rumput yang berumpun dan bertunas (Rhizoma), sehingga untuk perbanyakan bibit untuk dikembangkan agar lebih banyak panen untuk pakan ternak.
  3. Perakaran pada rumput odot cukup kuat, selain itu juga cukup dalam sehingga tahan terhadap erosi tanah. Juga membuat rumput odot lebih tahan terhadap kondisi kekeringan. Keunggulan ini membuat peternak tidak perlu khawatir terhadap ketahanan rumput ini.
  4. Daun dan batang yang dimiliki rumput odot tidak berbulu dan lebih halus, dibandingkan dengan rumput gajah lainnya. Hewan ternak lebih menyukai rumput odot, selain itu peternak juga lebih mudah untuk melakukan panen. Peternak tidak khawatir efek gatal karena bulu yang dimiliki rumput lain.
  5. Hal lainnya adalah batang yang lunak, rumput odot lebih disukai ternak karena mudah untuk dicerna. Faktor batang lunak ini membuat tanaman rumput odot efektif untuk pakan ternak karena hampir seluruh tanamannya bisa dikonsumsi hewan ternak.

Dari kelima ciri ini yang sangat membedakan dengan rumput odot dengan rumput liar lainnya. Meskipun sebagian besar hampir memiliki kesamaan secara kasat mata dengan rumput lainnya. Peternak sapi, kambing, kerbau, domba, kelinci dan lain sebagainya lebih menyukai rumput odot sebagai sumber pakan ternaknya.

Nutrisi Rumput Odot

Kandungan serat rumput odot juga tinggi, namun selain itu kandungan air juga membuat ternak terhindar dari resiko dehidrasi. Biasanya rumput odot dijadikan solusi untuk hewan ternak yang dalam perjalanan jauh. Kandungan air pada rumput odot lebih tinggi dibandingkan dengan rumput lainnya. Bagi peternak ada baiknya ransum hijauan pakan ternak dikombinasikan dengan rumput jenis lainnya agar kebutuhan nutrisi terpenuhi.

Baca juga : Begini Cara Menanam Rumput Odot Yang Benar !

Kandungan air yang tinggi hingga sekitar 80% membuat ternak terhindar dari dehidrasi, namun ada baiknya pemberian pakan tersebut di angin-anginkan terlebih dahulu untuk mengurangi kadar air tersebut. Resiko tingginya air membuat ternak kembung, dan bisa berakibat fatal. Rumput odot juga memiliki kandungan protein lebih dari 14%, hal ini membuat odot mampu memenuhi pertumbuhan hewan ternak. Kebutuhan protein dari odot cukup untuk ternak, namun perlu dikombinasikan dengan rumput atau hijauan pakan ternak lain agar nutrisi lebih lengkap.

Batang yang lunak yang disukai hewan ternak, dan tingkat produksi yang baik membuat hal ini membuat cocok untuk peternakan jenis ruminansia. Sebagai bahan utama pakan ternak, rumput odot cocok untuk peternakan sapi, kambing, kerbau, domba, kelinci dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan bibit rumput odot ini, anda dapat menghubungi 0811 2878 202 (AISHA AGRO)

Bibit rumput odot yang kami sediakan berupa bibit segar dan berkualitas. Dijamin keasliannya dan murah pengirimannya melalui kurir yang terpercaya. Selain itu kami juga sangat terbuka untuk konsultasi tentang kebutuhan pakan ternak anda dan perawatan lainnya.

Rumput odot mudah untuk ditanam dan dikembangkan, dan juga sangat disukai oleh ternak. Tingkat produktifnya yang tinggi dengan masa panen berkala 55 hari cukup untuk kebutuhan ternak. Pemanfaatan lahan yang efektif jika ditanam rumput odot.