Cocok ! Rumput Odot Untuk Kambing

Share this :

Rumput Odot Untuk Kambing – Bibit Odot 0811 2878 202. Kambing atau domba menjadi salah satu hewan ternak yang sangat dominan di Indonesia. Selain ayam, kambing menjadi ternak favorit bagi petani, karena mudah pakannya dan murah perawatannya. Saat ini beternak kambing menjadi trend untuk para pensiunan dan usaha muda. Semakin sadar tentang manfaat dan potensi pasarnya yang berkembang. Namun ada baiknya peternak kambing juga perlu memperhatikan ketersediaan pakannya. Titik penting dalam peternakan adalah ketersediaan pakan, disamping manajemen dan bibitnya.

Rumput Odot Untuk Kambing

Hingga 70 persen sendiri perlu dijadikan acuan untuk mengembangkan peternakan yang terkait pakan. Pakan menjadi hal yang dominan sebagai biaya produksi. Penghematan biaya pakan, akan menjadi salah satu hal yang mampu bersaing untuk harga. Meskipun pakan yang murah, namun kualitasnya harus tetap dijaga agar nutrisinya mampu memenuhi kebutuhan hewan ternak. Terpenuhi kebutuhan nutrisi dalam penyediaan pakan, akan berpengaruhi pada bobot yang dihasilkan menjadi maksimal. Untuk jenis kambing yang diambil susunya, juga perlu memperhatikan kualitas pakannya agar produksi melimpah. Berbagai inovasi pakan mestinya juga perlu dilakukan untuk menghasilkan hijauan pakan ternak yang berkualitas dan berkuantitas.

Dari sejarahnya rumput odot adalah jenis varietas rumput gajah (Pennisetum purpureum), kalau diluar Indonesia banyak disebut sebagai Dwarf Elephant Grass (Rumput Gajah Kerdil) atau Mott Elephant Grass. Hingga di Indonesia disebabkan oleh tenaga kerja yang bekerja di Kanada pada tahun 2007 yang membawa jenis rumput odot ini. Penemuannya oleh Dr.W. Hanna di Georgia, USA yang selanjutnya dikembangkan oleh Dr. Mott dan koleganya di Florida. Maka rumput odot ini diberi nama ilmiah sebagai Pennisitum purpureum cv Mott.

Ciri-ciri Rumput Odot

Banyak perbedaan antara rumput odot dengan rumput gajah. Salah satu yang menonjol adalah pada ketinggian tanamannya. Rumput odot lebih pendek dibandingkan dengan dengan rumput gajah. Tinggi rumput odot berkisar tinggi 1 meteran. Selain itu kelebatan daunnya yang berbeda, rumput odot dalam 1 batang bisa memiliki sekitar 10 daun, sedangkan rumput gajah hanya mampu tumbuh daun dalam 1 batangnya 8 daun.

Baca juga : Rumput Odot Liar

Rumput odot untuk kambing memiliki keunggulan yaitu tingkat produksinya yang cukup tinggi dibandingkan rumput gajah. Daya tahan rumput odot ini mampu bertahan pada musim kemarau, bahkan dengan tingkat kesuburan tanah yang rendah sekalipun. Batang rumput odot lebih lunak sehingga digemari kambing dan domba, khususnya ketika musim penghujan.

Menariknya, rumput odot memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik, yaitu sekitar 12-14% nilai protein kasar. Bahkan tak jarang mampu mencapai nilai protein 17%, hal ini menunjukan nutrisi odot lebih baik dibandingkan rumput gajah. Selain kandungan protein, rumput odot juga memiliki tingkat kecernaan hingga mencapai 65-70%.

Hal yang mungkin diluar pengamatan secara umum, bahwa rumput odot jarang sekali berbunga. Jika dibandingkan rumput jenis lain, menunjukan bahwa rumput odot mampu melalui fase vegetatif yang cukup panjang. Hal ini menunjukan bahwa rumput odot mampu mempertahankan kandungna nutrisinya agar tetap tinggi.

Cara Memperbanyak Rumput Odot

Perbanyakan tanaman ini bisa menggunakan cara atau metode vegetatif. Dengan mengambil batang yang pertumbuhannya paling baik, untuk dipangkas atau dipotong menggunakan alat yang tajam. Batang yang dipotong menjadi tanaman/stek dengan panjang sekitar 25 cm. Pemotongan ini perlu diperhatikan agar menghindari luka pada batang yang akan dijadikan tanaman.

Jika anda membutuhkan bibit rumput odot bisa menghubungi:

AISHA AGRO – O811 2878 202

Tersedia bibit rumput odot yang berkualitas yang terjamin keasliannya. Pengiriman bibit masih segar dengan pengiriman yang murah.

Pola penanaman rumput odot terdiri dari berbagai macam, dengan monokultur, yaitu hanya menanam rumput odot pada satu lahan. Atau pola kedua dengan menanam rumput odot pada sela-sela tanaman lain, bisa berupa tanaman hijauan pakan ternak atau tanaman lain yang diperlukan. Antar barisan penanaman rumput odot jaraknya sekitar 50-100 cm.

Untuk pertama kali panen dibutuhkan waktu umur 70-80 hari, dan selanjutnya bisa dipanen sekitar 35-45 hari. Pada musim kemaru padan selanjutnya bisa diumur 40-50 hari, tergantung perawatan. Ciri-ciri rumput odot siap panen dilihat dari ruas batangnya yang mencapai ukuran 15 cm.